Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 06 September 2014

Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Sayur Urap Sehat Rasa Enak Dan Nikmat

mediaresepku.blogspot.com - Mett pagi koki-koki pemburu aneka resep sayur terutama sayur urap yang akan kami bahas kali ini. Sayur urap merupakan menu masakan tradisional dari daerah Jawa Tengah yang sangat terkenal akan kelezatanya. Cara membuat sayur urap sangat sederhana dan mudah sehingga menu sayuran ini sangat pas untuk teman nasi dan lauk di meja makan.

Bagi anda yang vegetarian atau tidak menyantap daging, jenis masakan ini sangat di anjurkan, itu karena sayur urap memiliki rasa yang enak dan juga menyehatkan sehingga baik untuk tubuh kita. Anda bisa menikmati masakan sayur ini bersama nasi hangat dan kerupuk.

Hmmm anda pasti penasaran bingiittt? Yaudah, tunggu apa lagi sist... berikut mulai dari bahan, bumbu yang bersumber dari rempah-rempah khas nusantara di Indonesia sampai cara praktis membuat dan memasak sayur urap nikmat untuk anda dimanapun berada.  

Bahan-bahan untuk membuat sayur urap:

100   gram kacang panjang, potong 2 cm
4       lembar daun kol, yang sudah dibuang tulang daun daunnya dan diiris lebar ½ cm
100   gram taoge, yang sudah dibuang akarnya
100   gram bayam
100   gram daun singkong yang masih muda
½      butir kelapa agak muda, kupas dan parut memanjang ( untuk sambal kelapa )

bahan sayur urap,cara membuat sayur urap,rasa sayur urap,sayur urap enak,sayur urap spesial,sayur urap sederhana,sayur urap enak,sayur urap nikmat,sambal kelapa enak,bumbu sayur urap

Bumbu sayur urap dihaluskan:

3       buah cabai merah
2       buah bawang putih
1       sendok teh ketumbar,sangrai
1 ½   sendok teh kencur cincang
1       lembar daun jeruk purut
1       sendok teh garam
1       sendok teh gula merah

Cara membuat sayur urap:

Pertama rebus taoge dalam air mendidih selaa kurang lebih 1menit, kemudian langsung tiriskan. Kemudian rebus terpisah: kol, bayam, daun singkong muda, dan kacang panjang sampai matang, kemudian masing-masing sayurnya ditiriskan

Cara membuat sambal kelapa:

Campur kelapa parut dengan bumbu halus, aduk rata, kemudian dikukus selama 14 menit, supaya lebih tahan lama/awet. Angkat dan dinginkan.

Cara menghidangkan sayur urap:

Atur rapi sayuran di piring, kemudian taburi sambal kelapa di atas sayuran. Campur sayuran tadi dengan sambal kelapa kemudian bisa langsung hidangkan.

Catatan:
Pilihan variasi lain bahan-bahan untuk sayur-sayurannya, yaitu:
-          25 gram daun kemangi dan 100 gram biji lamtoro yang tua, atau
-          Kombinasi 150 gram daun singkong muda, 100 gram bunga pepaya gantung, dan 75 gram daun pepaya, atau
-          250 gram pepaya mentah diserut kasar, lalu dikukus, atau
-          250 gram nangka muda dicincang dan dikukus sampai matang.

Bagaimana? Mudahkan...Terima kasish bangettss yang sudah mampir ke blog kami, semoga anda sehat selalu dan terus mampir ke blog kami ini, hehehhe...  Bagi pemula, di mana ada kemauan pasti ada jalan. Oke, selamat mencoba dan menyantapp masakannya. Kunjungi juga resep kami sebelumnya yaitu resep membuat masakan laksa enak.

0 komentar:

Posting Komentar