Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 04 Juli 2014

Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Daging Sapi Berkuah Enak, Seger Dan Menyehatkan

mediaresepku.blogspot.com - Apa kabar semuanya? jumpa lagi dengan kami yang saat ini akan memberikan resep mudah dan praktis membuat sayur asem daging sapi yang rasanya enak dan nikmat. Saat membahas tentang masakan khas nusantara anda pasti setuju kalau menu masakan asli Indonesia memiliki citarasa yang luar biasa.

Banyak jenis masakan dan makanan di Indonesia yang enak dan lezat salah satunya yang berasal dari pulau jawa. Khususnya di provinsi Jawa Tengah begitu banyak menu masakan tradisional yang sudah terkenal di masayarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

Sayur asem adalah sayur kuah yang di olah dari bahan-bahan yang dengan mudah anda dapatkan di pasar tradisional maupun moderen dan dengan rempah-rempah yang berkualitas membuat sayuran ini begitu di gemari. Anda-pun tidak susah menemukannya, karena anda dapat menemukan sayur sedap ini di warung nasi sederhana, lesehan maupun rumah makan sekelas restoran.

Gimana, kami yakin anda sudah mulai penasaran, jangan khawatir karena kami akan memandu dan mendampingi anda tahap demi tahap dalam memasak sayur asem, sehingga dengan cara yang sederhana berikut ini anda segera dapat menikmati sayur asem.

Bahan-bahan untuk memasak sayur asem tetelan khas :

  • 150 gram sayur kacang panjang yang sudah dipotong-potong
  • 300 gram ketimun, yang sudah dibelah jadi 2-4 potongan kecil memanjang (sesuai selera)
  • 2 buah cabai merah, iris yang sudah diiris serong kasar
  • 2 lembar daun salam
  • ½ sendok makan asam ( yang terlebih dahulu direndam air, lalu di remas-remas dan disaring)
  • 5 buah bawang merah (yang sudah diiris tipis)
  • 1 potong lengkuas yang dimemarkan
  • 2 buah bawang putih (yang sudah diiris-iris tipis)
  • 300 gram tetelan daging sapi, yang direbus sampai lunak (pilihan daging sesuai selera)
  • 1 liter kaldu garam dan gula menurut selera

    Cara membuat sayur asem sederhana :

    1. Pertama didihkan kaldu bersama tetelan daging sapi (pilihan daging sesuai dengan sesuai selera), kemudian masukkan bumbu irisan bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun salam, dan lengkuas.
    2. Setelah beberapa menit masukkan potongan ketimun dan kacang panjang.
    3. Masukkan air asam, garam dan gula secukupnya. Masak hingga matang, lalu angkat dan dihidangkan.

    sayur asem tetelan daging sapi, cara membuat sayur asem, bahan-bahan membuat sayur asem, sayur asem seger, sayur asem nikmat, sayur asem sehat, sayur asem sederhana, sayur asem bergizi, sayur asem asli nusantara, sayur asem luar biasa
      Catatan :
        Sayur kacang panjang dan ketimun bisa di ganti dengan kangkung dan kedelai. Sayur asam ini banyak di jumpai di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi di beberapa wilayah di Indonesia memiliki resep masakan sayur asem sesuai wilayah dan selera setiap wilayah tersebut.

        Ketimun boleh dipotong sesuai dengan selera. Tambahan tetelan daging sapi dapat menambah cita rasa tersendiri, tapi bisa diganti dengan jenis daging lain sesuai keinginan, asalkan tidak mengurangi ciri dari sayur asem itu sendiri.

        Bisa menambahkan jagung bila diinginkan. Di daerah Jawa Tengah banyak jenis masakkan, sperti resep sebelum ini: Resep Mie Goreng Jawa Lezat Dan Nikmat.

        0 komentar:

        Posting Komentar